Friday, December 25, 2015

TUGAS PROPOSAL PENULISAN ILMIAH ( Softskill )

TUGAS PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH

PEMBUATAN APLIKASI PENGGAJIAN KARYAWAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA





DIAJUKAN OLEH

RANGGA MALELA 
NPM : 17113273 






PROGRAM SARJANA SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015





BAB 1

PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang :

Alasan dibalik pembuatan aplikasi penggajian Karyawan yang menggunakan bahasa pemrograman java ini, dikarenakan saya melihat masih terdapat di beberapa perusahaan yang menggunakan metode perhitungan yang masih manual dalam penggajian karyawan, dan masih terdapat beberapa kekurangan yang tidak sepantasnya dalam penggajian Karyawan mereka sendiri seperti beberapa tunjangan yang masih harus di perhatikan, dan terdapat juga beberapa perusahaan besar di beberapa titik yang sudah menggunakan Aplikasi Penggajian yang akan tetapi masih kurang memadai dan mereka masih menggunakan pemodelan lama yang seharus nya sudah tidak terpakai lagi untuk era sekarang ini yang serba otomatis.
Aplikasi Penggajian mungkin sudah banyak yang memakai nya di beberapa perusahaan besar, akan tetapi masih terdapat beberapa perusahaan besar yang memakai pemodelan lama dalam Penggajian Karyawan mereka sendiri.

Alasan lain dalam pembuatan aplikasi ini, dikarenakan saya melihat di beberapa perusahaan besar di beberapa titik, yang dikarenakan besar nya perusahaan mereka, mereka jadi sedikit longgar dalam memerhatikan karyawannya, seperti masih banyak karyawan yang bsia menitipkan absen mereka kepada teman karyawan lainnya sehingga mereka mendapatkan Gaji yang tidak seharusnya mereka dapatkan, dengan mereka yang bermalas-malasan tetapi mereka bisa mendaptkan gaji yang cukup besar.

Perbedaan dalam pembuatan aplikasi penggajian ini dengan aplikasi penggajian lainnya, mungkin saya akan lebih memfokuskan terhadap Tunjangan-tunjangan yang seharusnya di adakan dalam sistem penggajian sekarang ini, dan lebih Memfokuskan terhadap otomatisasi terhadap penggajian karyawan ini, dimana tidak terdapat kelonggaran dalam pencatatan penggajian seperti pembolosan karyawan yang tidak akan terjadi lagi.

Kelebihan Aplikasi Penggajian.

Kelebihan dari aplikasi penggajian ini tedapat dalam otomatisasi Absensi Karyawan yang menggunakan Sidik Jari yang akan langsung terotomatisasi ke dalam database Absensi Karyawan yang akan di Update setiap harinya, dan akan secara otomatis dalam penghitungan Gaji Karyawan, sehingga gaji yang mereka dapatkan akan sesuai dengan usaha mereka, sehingga tidak terdapat celah lagi untuk karyawan yang tidak serius dalam bekerja, dan Memfokuskan terhadap Tunjangan-tunjangan yang pantas didapatkan oleh karyawan.


Alasan Penggunaan Bahasa Pemrograman JAVA

Bahasa Pemrograman sebelum java merupakan bahasa-bahasa pemrograman yang baik dan mudah untuk di pelajari, akan tetapi bahasa permograman Java itu sendiri memiliki beberapa Kelebihan tersendiri, seperti :

Multiplatform.

Kelebihan utaman dari Bahasa Pemrograman Java itu snediri adalah multiplatform yang artinya dpat dijalankan di beberapa Platform / Sistem Operasi komputer, yang menggunakan Prinsip (Write Once and Run Anywhere).

OOP ( Object Oriented Programming )

OOP yang artinya Program Berorientasi Objek yang bermaksud bahwa semua aspek yang terdapat di dalam Jawa adalah Objek, Jawa merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Hal ini sangatlah memudahkan permrogram dengan basis java secara cepat, tepad, mudah dan teroganisir.

Perpustakaan Kelas Lengkap.

Java terkenal dengan kelengkapan dari library / perpustakaan nya, yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para programer untuk membangun aplikasi nya.

Automatic Garbage Collection.

Maksud dari pengumpulan Sampah Otomatis adalah java memiliki pengaturan dlam penggunaan memori sehingga para programer tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.




1.2     Ruang Lingkup :

Ruang Lingkup dari aplikasi ini terdapat pada penggunaan Aplikasi Sidik Jari, Database dan Aplikasi Penggajian.


1.3     Tujuan Peneltian :

Mengatur Ketelitian Penghitungan Gaji Karyawan berdasarkan Kinerja dari Karyawan itu snediri secara otomatisasi.


1.4     Metode Penelitian :

Metode yang saya gunakan dalam pembuatan Penelitian Aplikasi Penggajian karyawan ini, dengan mengumpulkan data-data dari beberapa perusaan yang belum memiliki Aplikasi Penggajian Karyawan yang memadai, dan perusahaan yang masih memiliki banyak kekurangan dalam Penggajian Karyawannya lalu membuat Aplikasi yang lebih memadai dengan Mengkoneksikan Aplikasi Sidik jari kepada Database Absensi terhadap Aplikasi Penggajian sehingga Akurat dalam Perhitungan Penggajian Karyawan.


1.5     Sistematika Penelitian :


Bab 1 PENDAHULUAN

Pada bab ini penulis menerangkan tentang latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.


Bab 2 LANDASAN TEORI

Pada Bab ini penulis menerangkan tentang pengertian Java, Netbeans, JDK, Xampp serta Database.


Bab 3 ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pada Bab ini penulis menerangkan tentang perancangan dari aplikasi yang akan dibuat, dimulai dari rancangan, Gambaran pembuatan Aplikasi, Hasil yang akan di terima, dan hasil Akhir dari Aplikasi Penggajian Karyawan.


Bab 4 KESIMPULAN DAN SARAN

Pada Bab ini Penulis memberikan Kesimpulan dari masalah yang dihadapi oleh penulis, serta langkah Penyelesaiannya yang diperoleh dari beberapa penelitian.




BAB 2

LANDASAN TEORI

2.1  JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai komputer atau yang dikenal dengan sebutan Multi Platform bahkan java dapat dijalankan di Telpon Genggam.
Bahasa Pemrograman yang dibuat oleh james gosling ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak dicari, dikarenakan java merupakan bahasa yang berbasis objek secara murni, sehingga memdahkan programer / user dalam membuat dan mengembangkan aplikasi yang ingin dibuatnya, serta java merupakan bahasa yang mudah dan cepat, terlebih lagi java yang memiliki prinsip “Write Once, Run Anywhere” yang artinya bahasa java ini di Tulis Sekali, Jalankan dimanapun.


2.2 NETBEANS

Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE ) netbeans juga merupakan sebuah Lingkungan Pengembangan – sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mengkompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java, namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain, dalam Netbeans IDE terdapat banyak modul untuk memperluas nya.
Netbeans merupakan sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimanapun digunakan.


2.3 JDK

JDK ( Java Development Kit ) adalah sebuah Paket fungsi API untuk bahasa pemrograman Jawa, yang diikuti juga JRE ( Java Runtime Environment) dan JVM ( Java Virtual Machine ).
JDK ( Java Development Kit ) adalah Compiled Language, artinya sebelum bisa menjalankan program java, ktia harus melakukan kompilasi kode java, menjadi java bytecode, yang melakukan kompilasi kode java tersebut adalah Perangkat lunak JDK.


2.4 XAMPP

XAMPP adalah singkatad dari X ( empat sytem operasi apapun ), Apache, Mysql, PHP, Perl. XAMPP merupakan tool yang menyediakan perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dalam paketnya sudha terdapat Apache (Web Server), MySQL (Database), PHP (Server Side Scripting), Perl, FTP Server, phpMyAdmin dan berbagai pustaka bantu lainnya.


2.5 Database

Databse atau Basis Data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di daam komputer yang dapat diolah atau di manipulasi menggunakan perangkat lunak (Program Aplikasi) untuk meghasilkan informasi.



BAB 3
ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pada Bab ini berisikan tentang susunan dalam pebuatan aplikasi penggajian Karyawan, dari Permasalahan, Analisa, Implementasi sampai dengan selesai.



BAB 4
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan :

Pada Bab Kesimpulan ini berisi tentang kesimpulan dari seluruh pembuatan Penulisan Ilmiah ini.



4.2 Saran :

Pada Bab Saran ini berisi saran yang di berikan Penulis kepada pembaca dengan tujuan yang diberikan oleh penulis.




No comments:

Post a Comment