Tugas
Teori
Organisasi Umum 2 #
Judul :
Perubahan
& Pengembangan Organisasi
Rangga
Malela
17113273
2KA35
Universitas
Gunadarma
2015/2016
•
Pengertian Perubahan Organisasi
• Perubahan Secara Sederhana dapat diartikan sebagai “Sesuatu yang berbeda
dari sebelumnya”. Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian
Perubahan Organisasi adalah sesuatu yang berbeda dari apa yang selama ini ada
dan telah berlaku dalam organisasi.
•
Pengertian Pengembangan Organisasi
• Pengembangan Organisasi adalah suatu perubahan yang direncanakan yang
sengaja dilakukan untuk mencapai efektivitas suatu organisasi.
•
Langkah-langkah Perubahan Organisasi
Ada 8 langkah yang dilakukan untuk
perubahan organisasi, yang dikenal sebagai Kotter’s 8 Steps Changes Model
- Increas Urgency
- Build The Guiding Team
- Get The Right Vision
- Communicating for Buy In
- Empower Action
- Create Short Term Win
- Don’t Let Up
- Make Change Stick
- Increase Urgency
Menumbuhkan rasa keadaan yang mendesak agar orang akan merasa terdorong untuk melakukan perubahan yang akan dilakukan. - Building The Guiding Team
Setelah yakin untuk melakukan suatu perubahan, maka hal yang dilakukan adalah pembentukan kelompok yang tugasnya menunjukkan antusiasme, komitmen, yang akan dilakukan untuk menghasilkan hasil yang lebih baik. - Get The Right Vision
Setelah membentuk suatu tim/kelompok, maka langkah berikutnya menentukan visi yang harus diterjemahkan dalam bentuk strategi. - Communicating For Buy In
Setelah menentukan visi, visi yang sudah ada harus dikomunikasikan sehingga bisa diterima dengan baik di seluruh jajaran.
- Empower Action
di langkah ini, kita harus mengatasi secara efektif rintangan-rintangan yang dapat terjadi, agar visi yang sudah ada dan dijalankan tidak terganggu dari rintangan-rintangan tersebut. - Create Short Term win
Didalam langkah ini, maksudnya ada di dalam suatu perubahan, umumnya dapat dicapai dalam tempo yang singkat, maka dari itu harus diberi tanda sudah sampai mana proses perubahan tersebut dijalankan. - Don’t Let Up
di proses ini, jangan sekali-kali untuk berhenti ditengah-tengah proses visi yang sedang dilaksanakan. - Make Change Stick
ketika semua visi sudah tercapai, maka terapkanlah hasil visi tersebut ke seluruh struktur organisasi yang paling bawah.
•
Perencanaan Strategi Pengembangan Organisasi
• Perencanaan Strategis adalah suatu rencana jangka panjang yang bersifat
menyelurh, memberikan rumusan ke mana suatu organisasi/perusahaan akan
diarahkan, dan bagaimana sumber daya dialokasikan untuk mencapai tujuan selama
jangka waktu tertentu dalam berbagai kemungkinan keadaan lingkungan.
•
IMPLIKASI MANAJERIAL
• Organisasi Selayaknya selalu mengantisipasi kebutuhan untuk memperbarui
proses bisnis dan informasinya di dalam era lingkungan bisnis yang dinamis ini.
Perubahan dalam arti yang luas merupakan suatu respon yang terencana maupun
yang tak terencana untuk menghadapi berbagai macam tekanan dan kekuatan.
Kebutuhan untuk berubah saat ini telah menjadi suatu titik keseimbangan atau
suatu norma. Perubahan adalah sebuah proses yang panjang dan membosankan.
Meskipun banyak perubahan dapat direncankan dan diantisipasi, seringkali
perubahan juga membawa akibat dan implikasi yang tak terantisipasi, dan bahkan
yang tidak diinginkan.
Sumber
: slideshare.net/andrewMAP
No comments:
Post a Comment