Sunday, June 7, 2015

Perubahan & Pengembangan Organisasi ( Tugas 6 Pertemuan 11/12 )

Tugas
Teori Organisasi Umum 2 #


Judul :

Perubahan & Pengembangan Organisasi






Rangga Malela
17113273
2KA35




Universitas Gunadarma
2015/2016







     Pengertian Perubahan Organisasi
     Perubahan Secara Sederhana dapat diartikan sebagai “Sesuatu yang berbeda dari sebelumnya”. Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Perubahan Organisasi adalah sesuatu yang berbeda dari apa yang selama ini ada dan telah berlaku dalam organisasi.

     Pengertian Pengembangan Organisasi
     Pengembangan Organisasi adalah suatu perubahan yang direncanakan yang sengaja dilakukan untuk mencapai efektivitas suatu organisasi.

     Langkah-langkah Perubahan Organisasi
Ada 8 langkah yang dilakukan untuk perubahan organisasi, yang dikenal sebagai Kotter’s 8 Steps Changes Model


  1. Increas Urgency
  2. Build The Guiding Team
  3. Get The Right Vision
  4. Communicating for Buy In
  5. Empower Action
  6. Create Short Term Win
  7. Don’t Let Up
  8. Make Change Stick



  1. Increase Urgency
    Menumbuhkan rasa keadaan yang mendesak agar orang akan merasa terdorong untuk melakukan perubahan yang akan dilakukan.
  2. Building The Guiding Team
    Setelah yakin untuk melakukan suatu perubahan, maka hal yang dilakukan adalah pembentukan kelompok yang tugasnya menunjukkan antusiasme, komitmen, yang akan dilakukan untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.
  3. Get The Right Vision
    Setelah membentuk suatu tim/kelompok, maka langkah berikutnya menentukan visi yang harus diterjemahkan dalam bentuk strategi.
  4. Communicating For Buy In
    Setelah menentukan visi, visi yang sudah ada harus dikomunikasikan sehingga bisa diterima dengan baik di seluruh jajaran.

  1. Empower Action
    di langkah ini, kita harus mengatasi secara efektif rintangan-rintangan yang dapat terjadi, agar visi yang sudah ada dan dijalankan tidak terganggu dari rintangan-rintangan tersebut.
  2. Create Short Term win
    Didalam langkah ini, maksudnya ada di dalam suatu perubahan, umumnya dapat dicapai dalam tempo yang singkat, maka dari itu harus diberi tanda sudah sampai mana proses perubahan tersebut dijalankan.
  3. Don’t Let Up
    di proses ini, jangan sekali-kali untuk berhenti ditengah-tengah proses visi yang sedang dilaksanakan.
  4. Make Change Stick
    ketika semua visi sudah tercapai, maka terapkanlah hasil visi tersebut ke seluruh struktur organisasi yang paling bawah.


     Perencanaan Strategi Pengembangan Organisasi
     Perencanaan Strategis adalah suatu rencana jangka panjang yang bersifat menyelurh, memberikan rumusan ke mana suatu organisasi/perusahaan akan diarahkan, dan bagaimana sumber daya dialokasikan untuk mencapai tujuan selama jangka waktu tertentu dalam berbagai kemungkinan keadaan lingkungan.



     IMPLIKASI MANAJERIAL
     Organisasi Selayaknya selalu mengantisipasi kebutuhan untuk memperbarui proses bisnis dan informasinya di dalam era lingkungan bisnis yang dinamis ini. Perubahan dalam arti yang luas merupakan suatu respon yang terencana maupun yang tak terencana untuk menghadapi berbagai macam tekanan dan kekuatan. Kebutuhan untuk berubah saat ini telah menjadi suatu titik keseimbangan atau suatu norma. Perubahan adalah sebuah proses yang panjang dan membosankan. Meskipun banyak perubahan dapat direncankan dan diantisipasi, seringkali perubahan juga membawa akibat dan implikasi yang tak terantisipasi, dan bahkan yang tidak diinginkan.





 Sumber :   slideshare.net/andrewMAP

No comments:

Post a Comment