Tugas
Teori
Organisasi Umum 2 #
Judul :
Budaya,
Kreativitas dan Inovasi
Rangga
Malela
17113273
2KA35
Universitas
Gunadarma
2015/2016
v PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI
Budaya Organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang di anut oleh para
anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya
v Fungsi Budaya Organisasi
Budaya organisasi memiliki fungsi
yang sangat penting. Fungsi budaya organisasi adalah sebagai tapal batas
tingkah laku individu yang ada didalamnya. Secara alami budaya sukar dipahami,
tidak berwujud, implisit dan dianggap biasa saja. Tetapi semua organisasi mengembangkan
seperangkat inti pengandaian, pemahaman, dan aturan implisit yang mengatur
perilaku sehari-hari dalam tempat kerja. Peran budaya dalam mempengaruhi
perilaku karyawan semakin penting bagi organisasi.
- Batas
Budaya berperan sebagai penentu
batas-batas; artinya, budaya menciptakan perbedaan atau yang membuat unik suatu organisasi dan membedakannya dengan
organisasi lainnya.
- Identitas
Budaya memuat rasa identitas suatu
organisasi.
- Komitmen
Budaya memfasilitasi lahirnya
komitmen terhadap sesuatu yang lebih besar daripada kepentingan individu.
- Stabilitas
Budaya meningkatkan stabilitas
sistem sosial karena budaya adalah perekat sosial yang membantu menyatukan organisasi
dengan cara menyediakan standar mengenai apa yang sebaiknya dikatakan dan
dilakukan karyawan.
5. Pembentuk sikap dan perilaku
Budaya
bertindak sebagai mekanisme alasan yang masuk akal serta kendali yang menuntun
dan membentuk sikap dan perilaku karyawan.
v TIPOLOGI BUDAYA ORGANISASI
Ada beberapa tipologi budaya organisasi.
Kotter dan heskett (1998) mengkategorikan jenis budaya organisasi menjadi tiga
yaitu :
- Budaya kuat dan lemah
-
Budaya Kuat = Nilai-nilai yang
dianut sudah kuat, sehingga gaya dan nilai budaya yang dianut tidak banyak
berubah walaupun ada pergantian pemimpin
-
Budaya Lemah = Nilai-nilai yang dianut
tidak begitu kuat, sehingga gaya dan nilai budaya pun berubah setiap pergantian
pemimpin / kebijakan baru
- Budaya strategic
-
Budaya Strategik Memiliki
perspektif yang menegaskan tidak ada resep umum untuk menyatakan seperti apa
hakikatnya budaya yang baik itu, hanya apabila “cocok” dengan konteksnya.
- Budaya adaptif
-
Budaya adaptif didasari pemikiran
bahwa organisasi merupakan sistem terbuka dan dinamis yang dapat mempengaruhi
dan dipengaruhi oleh lingkungan.
v Kreativitas Individu
dan Team Proses Inovasi
Kreativitas dengan inovasi itu
berbeda. Kreativitas merupakan pikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru.
Sedangkan inovasi adalah melakukan suatu yang baru. Hubungannya keduanya jelas. Inovasi merupakan
aplikasi praktis dari kreativitaas. Dengan kata lain, kreativitas bisa
merupakan variabel bebas, sedangkan inovasi adalah variabel tak bebas.
Benih-benih inovasi akan tumbuh
baik pada perusahaan-perusahaan yang selalu menstimulasi karyawan, dan
mendorong ke arah ide-ide bagus. Melalui program pelatihan, sistem reward, dan
komunikasi, perusahaan terus berusaha untuk mendemokratisasikan inovasi.
Sumber :
www.slideshare.net/andrewMAP
www.slideshare.net/andrewMAP
No comments:
Post a Comment