Sunday, October 23, 2016

Dampak Telematika di Indonesia dan Dunia

PENGERTIAN TELEMATIKA



TELEMATIKA

Kata TELEMATIKA, berasal dari istilah dalam bahasa Perancis "TELEMATIQUE" yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari "TELECOMMUNICATION and INFORMATICS" sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai "the new hybrid technology" yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah "konvergensi". Semula Media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu.

          Belakangan baru disadari bahwa penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghadirkan Media Komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah TELEMATIKA kemudian merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi TELEKOMUNIKASI, MEDIA dan INFORMATIKA yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi TELEMATIKA kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau "the Net". Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.

          Seiring dengan semakin populernya Inter-Net sebagai "the network of the networks", masyarakat penggunanya (internet global community) seakan-akan mendapati suatu dunia baru yang dinamakan cyberspace - sebagaimana dipopulerkan oleh William Gibson dalam novel sci-fi-nya Neuromancer - yang merupakan khayalan tentang adanya alam lain pada saat teknologi telekomunikasi dan informatika bertemu. Di "alam baru" ini - bagi kebanyakan netter - tidak ada hukum. Karena tidak adanya kedaulatan dalam jaringan komputer maha besar (gigantic network) ini, mereka beranggapan bahwa tidak ada satupun hukum suatu negara yang berlaku, karena hukum network tumbuh dari kalangan mayarakat global penggunanya. "Alam baru" ini seakan-akan menjadi suatu jawaban dari impian untuk melampiaskan kebebasan berkomunikasi (free flow of information) dan kebebasan mengemukakan pendapat (freedom of speech) tanpa mengindahkan lagi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.




Dampak Telematika di Indonesia dan Dunia

Seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia dan terutama di dunia. Kita tidak akan bisa lepas tanpa adanya teknologi tersebut. Sehingga kita perlu membatasi sedikit dan waktu dalam penggunaan teknologi tersebut.

Dampak Possitif dari Telematika bagi Indonesia

1.    Dengan adanya perkembangan Telematika ini sudah banyak sekali yang menggunakan fungsi Internet sebagai lahan bisnis atau bisa kita sebut E-Bussiness yang dapat membantu memperlancar bisnis melalui Internet tersebut.

2.    Dampak Possitif lainnya adalah di bidang kesehatan dan pembelajaran di Indonesia itu sendiri sudah menjadi maju. Dimana seluruh masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan berbagai Informasi melalui Internet.

3.    Telematika ini juga memberikan dampak Possitif lain di bidang perekonomian Indonesia. Dengan memanfaatkan Internet sudah banyak masyarakat Indonesia sudah bisa membangun Bisnis Jual beli sendiri melalui Internet atau bisa sering menyebutnya dengan E-Commerce.


Dampak positif dari perkembangan telematika antara lain :

     1. Kemudahan dalam memperoleh Informasi secara cepat
Informasi yang diperoleh dapat bersifat real time artinya pada saat itu juga. Selain itu informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada sumbernya sehingga mengurangi adanya distorsi informasi.

     2. Transparasi dalam Informasi.
Informasi dapat diketahui siapa saja karena adanya keterbukaan.

     3. Kemudahan dalam memperoleh data.
Dengan adanya perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan Informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

     4. Penghematan Waktu.
Orang tidak perlu lagi mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi cukup dengan melakukan transaksi melalui internet atau ponsel genggam.

     5. Untuk masyarakat:
  • Manfaat internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis. 
  • Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
  • Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah membantu masyarakat luas dengan cepat mendapatkan informasi yang diperlukan. 
  • Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce). 
  • Pembangunan sektor Telematika diyakini akan mempengaruhi perkembangan sektor-sektor lain.

     6. Untuk anak - anak:

          Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka. 
       Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play). 
         Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.



Dampak Negatif dari Telematika bagi Indonesia

1.      Tindakah kejahatan yang dlakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding dan kabarnya Indonesia merupakan negara dengan kasus carding terbanyak di dunia setelah rusia.
2.      Mudahnya akses internet menyebabkan perdagangan manusia, prostitusi online, dan penjualan obat-obatan terlarang yang semakin merajalela.
3.      Kejahatan telematika merugikan negaram misalnya pembobolan website pemerintah oleh para hacker seperti yang baru-baru ini terjadi website KPU dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan memberikan pesan untuk tidak memilih wakil gubernur tertentu.
4.      Semakin banyak masyarakat di Indonesia yang ikut judi online yang ada di Internet.
5.      Dengan Perkembangan telematika dan internet yang mudah dijangkau oleh segala usia, sekarang ini banyak sekali anak dibawah umur yang mengakses konten-konten dewasa yang menyebabkan kasus-kasus pelecehan yang dilakukan oleh anak dibawah umur.


Dampak Telematika bagi Dunia.

Selain di Indonesia, perkebangan telematika yang kian pesat juga menyebabkan dampak yang berpengaruh bagi dunia. Beriku ini dijabarkan dampak positif dan negative telematika bagi dunia.


Dampak Positif dari Telematika bagi Dunia

1.      Mudahnya mengakses Informasi apa saja di berbagai negara.
2.      Dengan menggunakan Internet banyak sekali yang menggunakan internet tersebut untuk melakukan kegiatan berkomunikasi jarak jauh. Sekalipun berkomunikasinya lintas Negara.
3.      Kemudahan dalam memperoleh data.
4.      Kamu dapat menghemat waktu dan biaya untuk mengakses internet tersebut.




Dampak Negatif dari Telematika bagi Dunia

1.      Adanya cyber crime
2.      Banyaknya penyebaran Virus yang mampu mencuri Informasi pribadi kita.
3.      Kejahatan Telematika di bidang perusahaan. Contohnya : ada seorang hacker menyelundup ke data perusahaan lalu menghapus data data penting perusahaan/
4.      Kejahatan Telematika bagi Pemerintah . Rentannya pertahanan di media Internet tersebut bisa saja para hacker menyelundup masuk untuk mencuri data data pribadi yang bersifat penting bagi pemerintah.
5.      Banyak anak kecil menjadi malas belajar karena kecanduan internet dan main game
6.      Membuat manusia menjadi makhluk unsocial, tidak bersosialisasi secara langsung melainkan hanya dengan teknologi atau dunia maya kita mengenal orang satu sama lain tanpa bersosialisasi.
7.      Kejahatan Telematika merugikan individu, misal lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 ata kartu kredit milik orang Russia dan  orang asing
8.      Kejahatan telematika merugikan Negara, misalnya: Serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan olehhacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut. Hanya sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang bersifat transnasional.

Sebenarnya masih banyak sekali dampak Possitif dan Negatif di Indonesia dan juga di Dunia akan tetapi saya memberikan contoh beberapa saja. Jadi apabila kalian ingin mengikuti perkembangan Teknologi di bidang  Telematika kamu harus pandai pandai memilih dan memilah yang baik dari Telematika tersebut.


Sumber :



No comments:

Post a Comment