Saturday, September 24, 2016

Tugas 1 : Perkembangan Telematika Di Indonesia dan Trend Telematika Ke Depan

Telematika



Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi.

Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai (the new hybrid technology) yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi.


Perkembangan Telematika Di Indonesia


Di Indonesia, perkembangan dari telematika telah mengalami tiga periode berdasarkan dari fenomena yang tengah terjadi di masyarakat.
   1.       Periode Rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970’an – 1980’an.
   2.       Periode Pengenalan, dengan rentan waktunya 1990’an.
   3.       Periode Aplikasi, periode ini dimulai sejak tahun 2000’an.

Dibawah ini akan dibahas masing-masing dari periode tersebut :


1.       Periode Rintisan

Periode Rintisan ini bermula dari tahun sekitar 1970’an, yang dimulai seperti Aneksasi Indonesia terhadap Timor Portugis, Perisiwa Malari, Pemilu tahun 1977, Pengaruh Revolusi Iran, dan ekonomi yang baru di tata pada awal pemerintahan orde baru, yang melahirkan akhir tahun 1970’an penuh dengan pembicaraan politik serta himpitan ekonomi.
Sementara itu sejarah dari telematika itu sendiri mulai ditegaskan dengan digariskannya arti telematika pada tahun 1978 oleh warga prancis.

Mulai dari tahun 1970’an inilah Toffler menyebutnya sebagai zaman informasi. Walau demikian, dengan perhatian yang minim dan pasokan listrik yang terbatas, Indonesia tidak cukup mengidahkan perkembangan dari telematika.

Memasuki tahun 1980’an, perubahan secara signifikanpun mulai terlihat jauh dari harapan. Walaupun demikian, selama kurang lebih satu dasawarsa, learn to use teknologi informasi, telekomunikasi, multimedia sudah mulai banyak dilakukan.
Jaringan telepon,  saluran televisi nasional, stasiun radio nasional dan juga internasional dan komputer mulai di kenal di inndonesia walaupun masih terbatas penggunannya. Kemampuan yang ada ini dilatarbelakangi oleh kepemilikan satelit dan perekonomian yang meningkat dengan diberikannya penghargaan tentang swasebada pangna dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB_ kepada Indonesia pada tahun 1984.


2.       Periode Pengenalan

Pada tahun 1994 internet mulai masuk ke Indonesia, dan milis adalah salah satu bagiand ari sebuah web. Penggunaannya juga tidak terbatas hanya pada kalangan akademisi saja, akan tetapi sampai ke meja-meja perkantoran. ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan dalam tahu yang sama juga telah beroperasi ISP komersil pertama, yaitu INDOnet.
Teknologi telematika seperti komputer, internet, pager, handphone, teleconference mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Periode dari pengenalan telematika ini mengalami lonjakan pasca kerusuhan mei pada tahun 1998.
Dari masa Krisis Ekonomi ternyata menggairahkan telematika di Indonesia. Sementara itu, kapasitas dari hardware sendiri juga mengalami peningkatan, ragam teknologi software terus menghasilkan yang baru, dan juga dilanjutkan dengna berbagai usaha pelayanan komunikasi yang tersebar dibanyak daerah seperti wartel, rental komputer, dan warnet yang digunakan untuk pencarian beragam informasi didalamnya atau berhubungan dengan bermacam-macam orang didalamnya. Kebutuhan informasi yang cepat dan gegap gempita dalam menyongsong tahun 2000 atau abad ke-21, telah menarik masyarakat Indonesia untuk tidak mengalami kesenjangan digital ( digital Device ).


3.       Periode Aplikasi

Reformasi yang banyak disalah artikan ternyata telah melahirkan berbagai gejala yang serba bebas seakan tanpa aturan yang menyebabkan banyak kerugian terhadap pihak-pihak tertentu, seperti Pembajakan Software, Hp Ilegal, perkemabngan teknologi komputer, internet dan alat komunikasi lainnya dapat diperoleh dengan sangat mudah bahkan hanya dengan dipinggir jalan kita bisa mendapatkannya yant tentunya dengan harga yang sangatlah murah.
Dengan keterjangkauannya secara finansial yang ditawarkan, dan besarnya gairah dunia digital di era millenium ini, bukan hanya mampu memperkenalkannya kepada masyarakat saja, akan tetapi juga mulai dilaksanakan dan juga di aplikasikan. Dengan tersedianya sarana transportasi, kota-kota yang saling terhubung dan industri dalam negri juga terus berkembang secara lancar dan pesat.



 Teknologi Telematika Bidang Telekomunikasi antara lain:



   1.       Pager

Radio Panggil atau yang lebih dikenal dengan sebutan pager merupakan alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan juga menerima pesan pendek. Dan radio panggil ( pager ) ini hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja.

   2.    Handphone

Telepon genggam atau telepon seluler ( Ponsel ) atau Handphone (HP) merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar yang sama dengna telepon konvensional saluran tetap, akan tetapi sudah dapat dibawa kemana-mana oleh pemiliknya ( portable / mobile ) dan tidak perlu di sambungkan dengan jaringan telepon karena sudah menggunakan kabel ( Nirkabel Wireless ).

   3.        Smartphone

Merupakan telepon selular berkemampuan tingkat tinggi, yang memiliki fungsi menyerupai komputer. Sistem Operasi yang digunakannnya adalah android yang merupakan sistem operasi untuk telepon yang berbasis linux .




Trend Telematika Ke Depan




                Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ( TIK ) juga tidak akan kalah dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memori dengna multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan.

Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengna akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapat teraybute juga. Hal ini kedepannya akan berakibat menimbulkan faktor baru dari perkembangan teknologi yang semakin maju.

Pada akhirnya, Era robotic akan muncul, berbagai mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar  yang mandiri sudah mulai di buat dalam skala indusri kecil dan menengah bahkan sudah menjadi skala industri besar saat ini.


Tren Telematika ke Depannya diharakan terus berkembang dengan pesat sehingga kemudahan dalam berbagai hal dapat terus tercapai dan dapat menumbuhkan rasa keingintahuan yang besar bagi masyarakat luas.

Seiring berkembangnya jaman tekhnologi juga akan berkembang pesat dan masyarakat secara tidak sadar akan mengikuti perkembangan tekhologi tersebut juga, akan tetapi mengenai kemajuan telematika kedepannya itu merupakan kebebasan dari tiap individu yang ingin mengikuti perkembangannya atau tidak, akan tetapi perkembangan telematika kedepannya akan selalu menjadi lebih maju, dan tidak bisa dihindari.
Dalam proses perkembangan telematika masyarakat juga harus pintar dalam mengikutinya dan mengikutinya dengan tanggung jawab masing individu, sehingga bisa menerima perkembangan yang positive dan membuang perkembangan yang negativ sehingga tida merugikan diri sendiri maupun masyarakat sekitarnya.

No comments:

Post a Comment