Saturday, April 30, 2016

Perkembangan Robot < Penulisan Bebas Bahasa Indonesia 2 > 4

ROBOT



Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dan menakjubkan, banyak negara yang saat ini melakukan riset dalam hal perkembangan robot. Seolah tak mau kalah dengan negara-negara  maju lainnya seperti : Amerika Serikat, Jepang, Korea dan China contohnya, mereka selalu melakukan inovasi dalam hal perancangan dan penggunaan robot berteknologi tinggi ( high tech ) dalam menciptakan robot-robot yang seiring berkembanya pesat nya sekarang terutama dalam hal kecerdasan buatan ( Artificial Intellegent ).
Teknologi robot sekarang ini diyakini sebagai salah satu bidang keilmuan yang dapat mengubah peradaban manusia dan sampai saat ini penelitian yang terus berjalan dalam hal pengembangan teknologi robot terus dikembangkan dalam hal membantu mempermudah pekerjaan manusia, sehingga segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cepat.

Definisi Robot
         
          Robot itu sendiri berasal dari kata “robota” yang dalam bahasa Ceko yang berarti budak, pekerja atau kuli. Pertama kali kata “robot” diperkenalkan oleh Karel Capek dalam sebuah pentas sandiwara pada tahun 1921 yang RUR (Rossum’s Universal Robot). Pentas ini mengisahkan mesin yang menyerupai manusia yang dapat bekerja tanpa lelah yang kemudia membrontak dan menguasai manusia. Istilah “robot” ini kemudia mulai terkenal dan digunakan untuk menggantikan istilah yang dikenal saat itu yaitu automation.  Dari berbagai litelatur robot dapat didefinisikan sebagai sebuah alat mekanik yang dapat diprogram berdasarkan informasi dari lingkungan (melalui sensor) sehingga dapat melaksanakan beberapa tugas tertentu baik secara otomatis ataupun tidak sesuai program yang di inputkan berdasarkan logika.

Sejarah dan Perkembangan Robot

          Robot pada awalnya diciptakan guna menggantikan pekerjaan manusia yang dilakukan secara berulang, membutuhkan ketepatan yang tinggi dan juga untuk menggantikan manusia bila terdapat pekerjaan yang perlu dilakukan dalam area berbahaya.
          Penggunaan robot lebih banyak terletak pada area industri yang memang membutuhkan outomation dan accurate dalam pekerjaan nya, namun sekarang ini perkembangan robot sudah dibuat untuk melakukan pekerjaan manusia, dari pekerjaan rumah sampai pekerjaan yang penting yang membutuhkan spesialisasi.


Jenis – Jenis Robot :



a.         Robot Beroda




Robot yang seringkali dijumpai adalah robot yang bergerak dengan roda, robot model ini merupakan robot model tertua jika dibandingkan dengan kemajuan robot sekarang ini walaupun dalam berbagai hal penting sekalipun robot tipe roda ini sangatlah dibutuhkan karena lebih efisian dan paling mudah dalam hal melintasi permukaan datar, penggunaan robot bertipe roda inipun sangatlah sering digunakan akrena dapat memberikan traction, traction itu sendiri merupakan variabel dari material roda dan permukaan yang dilintasi oleh roda, karena mudah di perolah dan dipakai ini yang menyebabkan masih banyak yang memilih robot tipe roda ini.



b.         Robot Berkaki



Robot Berkaki bisa dikatakan robot yang sangat mudah beradaptasi dalam segala medan bahkan medan yang tidak menentu, model robot ini sudah mulai menerapkan gaya tiru dari berbagai makhluk termasuk meniru manusia, robot tipe ini merupakan robot dengan bagian yang penting dari riset biologis dan biorobotika. Robot kaki ini lebih banyak dipilih dibandingkan robot roda walaupun masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri, akan tetapi robot tipe kaki ini lebih mudah adaptasi dengan medan yang bermacam-macam dibandingkan robot roda.



c.         Humanoid



Humanoid adalah robot yang sudah memiliki pemapilan layaknya kita manusia dari keseluruhan bentuknya, bahkan sudah mampu melakukan interaksi dengan peralatan, lingkungan manusia bahkan sudah mampu berinteraksi dengan menusia sekarang ini. Secara umum robot humanoid sudah memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan, dua buah kaki, bahkan sudah memiliki wajah, lengkah dengna mata, mulut, alis dan hal lainnya layaknya manusia, meskipun masih ada beberapa robot humanoid yang belum memiliki bagian wajah layaknya kita manusia karena robot humanoid awalnya dibuat untuk membantu pekerjaan manusia layaknya manusia seperti kita, dan semakin pesat perkembangannya lah robot humanoid sekarang ini sudah memiliki wajah layaknya kita manusia biasa.


Tujuan.

Tujuan dari robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan, sebagai periset membutuhkan untuk mengetahui berbagai struktur dan perilaku tubuh manusia ( Biomekanik ), demi melanjutkan riset dalam pengembangan robot humanoid ini. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui sensori dalam rangka memproleh keterampilan persepsi dan motorik yang dikemudian hari akan diterapkan dalam pengembangan model komputasi dari perilaku manusia dan di terapkan pada robot humanoid itu sendiri.




Beberapa Contoh Robot Humanoid :


Pepper



          Pepper merupakan robot keluaran Jepang yang dijual seharga 198.000 yen atau dalam rupiah disetarakan Rp. 21,4 jutadan bisa disewa seharga 1.500 yen atau dalam rupiah sekitar Rp.162.000 / jam.
          Pepper ini merupakan salah satu robot humanoid yang dirancang untuk dapat mengenali dan menanggapi emosi manusia, pepper ini sendiri robot yang memiliki kemampuan untuk bisa mengingat wajah dan mengerti perasaan manusia bahkan dapat menyamapikan sesuatu berupa gerakan layaknya manusia, walaupun sistem pendeteksi emosi pada manusia masih belum sempurna, dan masih banyak keterbatasan pada robot pepper ini.
Pepper ini sendiri dibuat untuk memiliki emosi sendiri sperti bahagia jika dipuji, takut jika lampu pada, dan lain sebagianya yang tergantung pada emosinya saat itu, bahkan pepper bisa meninggikan suara atau bisa juga menghela nafas layaknya manusia, dan pepper-pun mampu mendeteksi hingga 17 bahasa di dunia.
Jika diperhatikan pada dada Pepper terdapat sebuah Layar yang pada desain nya layar ini berfungsi sebagai “Hati” dari si robot itu sendiri, pepper sendiri dilengkapi dengan sensor-sensor motorik agar lebih interaktif dalam berkomunikasi dengna manusia.



Sophia



          Sophia merupakan nama robot terbaru yang sedang banyak dibicarakan di media internet, dia merupakan robot yang tidak hanya memiliki wajah yang menyerupai manusia tapi dia juga mampu mendengar dan menjawab pertanyaan.
Robot hidup yang dirancang oleh ilmuan Amerika Serikat (AS) Dr David Hanson ini memang dikembangkan untuk menjadi “Manusia – Robot” yang dapat berinteraksi dengan manusia dan seperti manusia pada umumnya berinteraksi.
Robot Sophia ini dikatakan memiliki “Otak” yang diprogram untuk mengenali wajah yang dilihatnya dan berinteraksi dengan manusia, dan akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu yang diharapkan oleh pembuatnnya dia akan menjadi sadar dalam artian memiliki kesadaran sendiri, dan mampu hidup seperti manusia pada umumnya.
Selama sesi Wawancara, penciptanya Dr David Hanson mengajukan serangkaian pertanyaan yang membuatnya terlihat layaknya manusia pada umumya dalam menjawab pertanyaannya tidak seperti robot yang menyerupai manusia tetapi lebih menyerupai manusia yang memiliki rupa robot, namun pada akhir pertanyaan Dr David Hanson mengajukan pertanyaan yang cukup membuat kita heran/takut dalam pertanyaannya “Apakah Anda ingin menghancurkan Manusia ?” dan Sophia menjawab “Ya, Saya akan menghancurkan Manusia” dan ini merupakan jawaban yang tidak diinginkan oleh Dr David Hanson tentunya.





DAMPAK POSITIF & NEGATIF :



Seperti yang kita ketahui sekarang ini, teknologi sudah semakin berkembang. Sekarnag ini bahkan kita sudah bisa membawa komputer yang dahulu berukuran besar sekarang sudhah berukuran kecil layaknya buku, dan seiring berkembangnya jaman muncul nya kehadiran robot ini memiliki berbagai dampak baik positif maupun negatif.

Dampak Positif :
1.           Robot dapat membantu berbagai pekerjaan manusia pada area berbahaya
2.           Robot dapat membantu pekerjaan Rumah Tangga
3.           Robot dapat membantu manusia dalam meneliti Luar Angkasa


Dampak Negatif :
1.           Adanya robot membuat manusia menjadi lebih Malas
2.           Adanya robot membuat manusia tergantikan dalam berbagai hal
3.           Adanya robot dapat membuat tingkat Pengangguran meningkat




Kesimpulan :




          Dengan adanya kemajuan dalam pengembangan robot ini, kita sebagai manusia terlebih yang menciptakan robot jangan sampai posisi kita tergantikan dengan adanya peran robot ini, karena dalam berbagai hal robot semakin berkembang dan dapat menggantikan peran manusia seutuhnya, karena memori manusia yang tidak bisa mengakses sedemikian banyaknya sehingga manusia memiliki sifat lupa, sedangkan robot dibuat menggunakan memori yang dapat menyimpan hal dalam sebuah database robot itu sendiri sehingga saat-saat diperlukan robot dapat mengambilnya sesuka hati kapanpun ia mau atau ia inginkan tanpa memilki sifat pelupa layaknya manusia, dari hal ini bahkan jika kedepan robot bisa memiliki kesadaran tersendiri maka akan semakin berbahaya juga, jika dia dapat memiliki kesadaran bisa memungkinkan kesdaran robot untuk menggantikan peran manusia terwujud, dan tidak bisa disangkal jika robot memiliki kesadaran dan kepintaran robot dapat menguasai dunia bahkan era manusia, itu merupakan hal yang “mungkin terjadi” dimasa depan, oleh karena itu kita sebagai Manusia jangan sampai kita digantikan perannya oleh robot yang bisa dikatakan robot adalah ciptaan manusia juga, jadi jangan sampai kita dikalahkan oleh ciptaan kita sendiri kedepannya.

No comments:

Post a Comment