Monday, March 21, 2016

Virtual Reality ( Tulisan Bebas Bahasa Indonesia 2 ) 1

Virtual Reality



Teknologi Virtual Reality atau yang biasa disebut dengan VR saat ini tengah booming sekali. Berbagai Produk yang diciptakan sekarang mengacu pada Teknologi VR ini. Yang paling Booming dalam teknologi VR ini sekarang adalah dalam penggunaan sebagai sarana bermain game. Dikarenakan banyak yang mengharapkan bahwa teknologi VR ini berkembang pada sarana game untuk bermain anak-anak bahkan Dewasa pun mengahrapkannya.

Karena dengan Teknologi VR ini sekarang kita dapat merasakan seperti hidup di dalam dunia yang berbeda, bisa dikatakan Dunia Digital yang menyerupai Real World sehingga tiada batasan pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari teknologi Virtual Reality ( VR ) ini.

Teknologi Virtual Reality menjadi salah satu Teknologi yang berkembang sangat Pesat di era ini, dengan teknologi Virtual Reality ini membuat suatu penyamaian informasi dapat di sampaikan menjadi lebih interaktif karena dapat menjangkau hampir semua indera manusia.

Visualisasi dari Teknologi Virtual Reality ( VR ) ini, membuat kita dapat merasakan kenyataan dari dunia yang di ciptakan oleh teknologi ini, kemajuan dari teknologi ini sekarang sudah mulai dapat di rasakan oleh berbagai kalangan dengan mencoba sarana lain untuk merasakan teknologi VR ini, contoh nya saja Video / Film yang sekarang ini diciptakan versi Virtual Reality ( VR ) ini yang dapat di ambil dari berbagai Store masing-masing Perangkat yang dimilikinya, atau dari berbagai media yang mendukung seperti Youtube, kita dapat mencari video virtual reality dengan keyword : 

“360 Video”, “360 “apa yang Anda inginkan””, “VR Video” dan berbagai macam keyword lainnya.

Teknologi Virtual Reality ( VR ) ini juga dapat di jadikan sebuah simulasi komputer yang lebih interaktif karena dengan teknologi yang dapat mempengaruhi indra penggunannya ini dapat membuat pengguna merasakan simulai ini seperti sebuah kejadian asli karena pengaruhnya sehingga pengguna bisa larut dalam lingkungan visual ini yang digunakan dalam simulasinya.

Virtual Reality ( VR ) secara bahasa berarti kedaan nyata yang “Dimasukkan” ke dalam sebuah dunia nyata yang dibuat menjadi objek virtual atau bisa juga kite mengerti sebagai “Memvirutalkan objek nyata” dengan memperhitungkan sifat-sifat asli dari benda nyata tersebut.

VR vs 3D

Jika kita membicarakan Virtual Reality dengan animasi 3D / 3Dimensi itu sangatlah berbeda dan harus di bedakan, karena animasi 3D yang terdapat pada film / video maupun Game itu berbeda sekali dengan Virtual Reality, karena Animasi / Objek 3D itu dibuat tanpa memperhitungkan konidisi fisik / asli dari objek asli nya pada dunia nyata, Sedangkan Virtual Reality itu sangatlah berbeda dengan objek 3D karena dengan membuat Virtual Reality kita harus memperhitungkan segala aspek Nyata / Keasilian dari objek tersebut beserta dengan sifat fisik dari objek tersebut, sehingga Pengguna berada pada dunia virtual tetapi tetap merasakan berada di dunia nyata.

Seperti namanya Virtual Reality ( VR ), itu berarti Reality yang di Virtualkan, VR itu sendiri memperhitungkan berbagaiaspek seperti aspek :

   1.       Ergonomis
Ergonomis yang berarti barang yang di virtualkan harus cocob dengan anatomi tubuh manusia itu sendiri ketika digunakan, seperti kita menggunakan barang-barang yang ada di sekitar kita seperti biasanya.
   2.       Antropometri
Antropometri  yang berarti dalam sebuah Virtualisasi haruslah diperhitungkan ukuran fisik dari gerakan manusia terhadap semua objek virtual di sekelilingnya.
   3.       Fungsionalitas
a.       Reachability
Reachability berarti objek yang berada dalam dunia virtual haruslah dapat di jangkau, dipegang, di raih dan dapat berinteraksi dengan Pengguna.
b.       Touchability
Touchability berarti Objek yang berada dalam dunia virtual haruslah dapat di rasakan sifat-sifat fisiknya seperti berat/ringan, keras atau tidaknya.
c.       Accessability
Accessability berarti objek yang berada di dalam dunia virutal haruslah dapat diakses dan memiliki sifat / perilaku yang sama pada objek aslinya pada dunia nyata, jadi segala sesuatu sifat di dunia nyata pada dunia virtual pun haruslah sama hukumnya.



Bisa dilihat seperti diatas, dalam Penggunaannya Teknologi Virtual Reality ini pada beberapa macam model VR ada yang diharuskan kita mamakai Sarung tangan, Earphone dan juga goggles VR itu sendiri agar mendukung pengalaman secara nyata dalam dunia Virtual tersebut.


Rangsangan yang dihasilkan pada dunia virtualpun sesuai dengan gerakan yang dihasilkan User, misalnya dia menggerakkan tangannya maka dalam dunia virtualpun tangannya akan bergerak, misalkan dia menggelengkan kepala maka hasilnya pada dunia virtualpun akan menggelengkan kepala, dan jika User berjalan pun maka dalam dunia virtualpun ia akan berjalan, karena dunia Virtual di rancang sedemikian mungkin seperti dunia nyata.
Tentu saja beberapa Perusahaan merancangnya dengan berbagai Perangkat Pendukung yang berbeda-beda dan bermacam-macam, seperti Goggles VR, Earphone VR, bahkan ada ada yang sampai membutuhkan semacam Treadmill VR seperti dibawah ini :





Dan ini merupakan hasil dari perangkat diatas :






Tentu dengan Perangkat seperti diatas membutuhkan harga yang cukup tinggi, sehingga tidak bisa dinikmati semua orang, dan beberapa perusahaan membuat Perangkat Goggles VR tanpa membutuhkan Perangkat Treadmil VR seperti diatas, yang bisa nikmati hampir semua orang, yang tetapi mungkin memiliki beberapa kekurangan seperti :
  •       Kita tidak dapat bergerak dengan bebas dalam dunia virtual
  •       Hanya bisa Melihat sekitar saja
  •       Tidak dapat menggerakan anggota tubuh selain kepala karena hanya memiliki perangkat Googles VR saja.

Beberapa Perangkat Virtual Reality yang di keluarkan oleh berbagai Perusahaan :





Cukup Sekian Penulisan kali ini, semoga Penulisan ini dapat memberikan para pembaca pengetahuan dan wawasan yang cukup.

Sekian Terimakasih . 

No comments:

Post a Comment