Tugas
Analisa
Studi Kasus
Teori
Organisasi Umum 2#
Judul
:
“TeamWork Perawat Rumah Sakit Umum Derah X”
Kelompok
:
AFIF NURMEIGI ( 10113290 )
ANDREAS EKA( 10113929 )
FACHRIZAL ( 13113026 )
LUKAS RADEN ( 15113050 )
MOZARA PUTRI ( 15113661 )
RANGGA MALELA ( 17113273 )
ROSITA AULIA ( 18113097 )
Universitas
Gunadarma
2014/2015
“TEAMWORK
PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH X”
Rumusan Masalah :
RSUD
X merupakan salah satu rumah sakit umum yang berada di daerah X. Dengan Visi
menjadi Rumah Sakit Umum yang diminati oleh masyarakat. RSUD X selalu berusaha
untuk berbenah diri agar dapat bertahan di tengah persaingan pertumbuhan rumah
sakit di daerah tersebut. Kenyataan di lapangan menunjukan bahwa RSUD X belum
menunjukan hasil yang maksimal. Munculnya keluhan masyarakat mengenai pelayanan
yang di berikan RSUD X dan jumlah pasien yang belum menunjukkan peningkatan
adalah bukti yang mengindikasikan bahwa pihak RSUD X belum mampu mewujudkan
visi tersebut.
Berdasarkan
wawancara awal diperoleh informasi mengenai ketidakpuasan pasien terhadap
kualitas pelayan yang diberikan oleh RSUD X, khususnya pada bagian keperawatan.
Melalui survey kepada beberapa perawat di RSUD X diperoleh data yang
menunjukkan bahwa perawat kurang merasakan adanya kerjasama dan komunikasi yang
baik, kurang memiliki rasa saling percaya dan saling mendukung, kurang
mengetahui visi dan misi organisasi dan merasakan teamwork yang kurang efektif
di RSUDX.
Sikap
tidak peduli dan saling menyalahkan antar perawat, kurang adanya keinginan dan
kesadaran untuk menyelesaikan konflik, kurang adanya kesadaran para perawat
akan pentingnya kerjasama dan komunikasi sehingga sering menimbulkan konflik
serta hubungan antar perawat yang dirasakan kurang harmonis yang menghambat
terjalinnya kerjasama merupakan indikator masalah yang sebenarnya dihadapi oleh
pihak RSUD X.
Analisa :
Dari
Rumusan Masalah Kasus diatas dapat kita mengerti bahwa inti dari Permasalahan Kasus diatas
adalah Terletak pada Rendahnya tinggkat Kerjasama para Perawat yang ada di
dalam RSUD X, Dimana tidak adanya Kerjasama dan juga komunikasi yang baik,
kurang memiliki rasa saling Percaya dan saling mendukung dalam pekerjaan nya sebagai sesama perawat
dan juga kurang mengetahui nya visi dan misi Organisasi, sehingga dapat
menimbulkan sikap saling tidak peduli terhadap sesama perawat di dalam sebuah
RSUD X tersebut, bahkan dapat menimbulkan sikap dimana saling menyalahkan
antara para Perawat sehingga dapat menimbulkan juga Konflik Individu dari para
masing-masing perawat, dimana akan menjadi indicator masalah yang di hadapi
oleh pihak RSUD X, yaitu ketidak nyamanan nya para pasien yang berobat di RSUD
X tersebut dan juga menjadi penghambat pertumbuhan dari Tingkat kemajuan RSUD X
tersebut sehingga belum mampu untuk mewujudkan visi-visi nya.
Solusi :
Dalam
Analisa dari Perumusan Masalah diatas Sebagai Solusi dapat dimulai dari
individu dari masing-masing Perawat terlebih dahulu untuk mengetahui dimana
Letak Kesalahan nya yang dapat menimbulkan tingkat kerja sama dan komunikasi
menjadi kurang efektif sehingga timbul rasa saling menyalahkan, dan rasa saling
kurang mempercayai antara Perawat dengan Perawat lainnya yang menimbulkan rasa
ketidaknyaman dari para Pasien itu
sendiri, di karenakan Perawat merupakan Tumpuan dari semua kegiatan yang ada
didalam sebuah RS sehingga menjadi
Penentu Keberhasilan maupun kegagalan dari Rumah Sakit itu sendiri.
Kesimpulan :
Dalam Analisa Kasus diatas dapat diambil
kesimpulan bahwa para perawat perlu mengetahui pentingnya Kerja sama dalam
suatu Organisasi terlebih dalam suatu RSUD, sehingga dapat mencapai Komunikasi
yang efektif dan tinggkat Kepercayaan masing-masing Perawat untuk saling
membantu, saling Mendukung , Saling memberikan Pelayanan dengan kualitas terbaik dari masin-masing
Perawat terhadap para Pasien, sehingga dapat menimbulkan Rasa Kepercayaan
antara Pasie dan juga para Perawat dan menimbulkan hubungan yang harmonis, dan
juga dapat menujukkan Hasil dari Usaha pihak RSUD X menjadi lebih maksimal dan
mampu dalam mewujudkan visi-visi tersebut dan dapat menjadi factor Penentu dari
citra dan kualitas rumah sakit.
No comments:
Post a Comment