Tugas
Teori
Organisasi Umum 1 #
Judul
:
Ciri–Ciri
Organisasi
Pengarang
:
Rangga
Malela
17113273
2KA35
Universitas
Gunadarma
2014/2015
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi ALLAH S.W.T yang telah memberi Hidayah kepada umat Nya. Jika
bukan karena Nya ( ALLAH S.W.T ), maka Tugas saya ini tidak akan pernah
selesai, Saya mengerjakan Tugas ini
merupakan Tugas dari Dosen Teori Organisasi Umum 1# Universitas Gunadarma.
Semoga Rahmat Nya senantiasa Tercurah
kepada junjungan kita, Nabi Besar kita MUHAMMAD S.A.W, Kekasih Pilihan ALLAH
S.W.T, Semoga Rahmat Nya selalu tercurah untuk Anak, Sahabat maupun Saudara
kita nantinya.
Bekasi,
01 November 2014
Rangga
Malela
BAB
1
PENDAHULUAN
B. Ruang
Lingkup
Agar Pembahasan
dalam Penulisan ini tidak terlalu luas maka, penulisan hanya mengambil masalah
tentang Ciri-Ciri Organisasi saja, yang
di sajikan secara singkat dengan Bahasa Saya Sendiri.
C. Tujuan
Penulisan
Tujuan
Dari Penulisan ini untuk memenuhi Tugas Teori Organisasi Umum 1 #. Dan
Bertujuan agar para Khalayak yang setelah membaca Penulisan saya ini akan
mengerti apa saja ciri-ciri dari Organisasi yang pernah saya bahas sebelumnya.
D. Manfaat
Penulisan
Saya
Berharap agar para Khalayak yang setelah membaca Penulisan Saya ini semua orang
akan mengerti apa saja-kah Ciri-Ciri dari organisasi itu sendiri bagi yang
membaca Penulisan saya ini. Dan yang lebih penting akan dapat mengamalkan ilmu
yang di dapat dari berbagai Organisasi yang sudah dan akan di ikutin nantinya.
Ciri- Ciri Organisasi.
Setelah membahas apa itu organisasi di
Postingan saya sebelum nya, sekarang
saya akan membahas Apa saja Ciri-ciri Organisasi itu sendiri…
Nah sebelum saya membahas apa saja Ciri dari Organisasi itu sendiri,
saya akan membahas lagi sedikit tentang apa itu organisasi…
Organisasi
Organisasi Merupakan
Sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah, untuk
mencapai tujuan suatu organisasi dibutuhkan suatu keselarasan dalam bekerja
sama yang tergabung / saling berhubungan / berkaitan dalam organisasi tersebut
dalam memanfaatkan Sumber Daya, sarana - prasana Sebaik-baiknya secara efisien
dan Efektif.
Menurut Berelson dan
Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.
Hierarkhi
Ciri
Hierarkhi merupakan Ciri dari
Organisasi yang menuju kepada Pola Kekuasaan ataupun Wewenang yang menciri
Bentuk Piramida. Yang artinya terdapat beberapa Orang yang memiliki Kekuasaan
ataupun Wewenang yang Lebih Tinggi daripada Anggota Organisasi lain nya yang
biasa-biasa saja.
Biasanya pada Bentuk
Piramida, Yang Membentuk Segitiga Piramida paling ataslah yang ditandai dengan
Orang-orang yang memiliki kekuasaan ataupun wewenang yang lebih tinggi, dan
dalam tahap Piramida, semakin Kebawah Tahapan Piramida tersebut semakin rendah
pula kekuasaan/ wewenang yang dimiliki pada tahapan tersebut, sampai pada yang
paling bawah lah yaitulah Anggota-anggota organisasi biasa, yang tidak memiliki
wewenang.
2.
Besarnya dan Kompleks nya.
Pada
hal ini pada umum nya Organisasi memiliki ke anggotaan yang tidak sedikit
jumlahnya, sehingga hubungan social antar anggota yang tercipta secara tidak
langsung atau ( Impersonal ), gejala ini biasanya di kenal dengan gejala
(Birokrasi).
Pada
tahapan ini akan saya bahas sedikit Apa itu Birokrasi dalam Organisasi, dan apa
hubungan Cini ini dengan ciri ( Hierarkhi
) diatas tersebut.
Birokrasi menurut max
weber :
Weber juga menyatakan, birokrasi itu sistem kekuasaan, di mana
pemimpin (superordinat) mempraktekkan kontrol atas bawahan (subordinat). Sistem
birokrasi menekankan pada aspek “disiplin.” Sebab itu, Weber juga memasukkan
birokrasi sebagai sistem legal-rasional. Legal oleh sebab tunduk pada
aturan-aturan tertulis dan dapat disimak oleh siapa pun juga. Rasional artinya
dapat dipahami, dipelajari, dan jelas penjelasan sebab-akibatnya.
Sumber : defisulandari.wordpress.com
Hubungan antara Hierarkhi dengan Birokrasi :
Karena Terdapat nya HIERARKHI maka akan terciptanya BIROKRASI,
yang berarti karena terdapat HIERARKHI lalu terciptanya Tekanan bahwa penting
adanya Perarturan yaitu Peratura-peraturan tertulis yang haruslah Di Patuhi dan
adanya Sistem Wewenang di dalam
organisasi ini, maka apa yang di anggap bahwa adanya ini di anggap formal akan
tetapi akan cenderung kaku, maka akan terciptalah gejala BIROKRASI, dimana hubungan social
antar anggota / hubungan social antar anggota dengan atasan / atasan dengan
bawahan akan terjadi secara impersonal karena merasa canggung / segan menyapa apabila tidak benar-benar di
perlukan, maka dengan tujuan inign menciptakan suasana yang formal malah akan
tercipta lah suasana yang kaku dalam organisasi ini.
3.
Lamanya ( Duration ).
Dalam Hal ini menunjukan bahwa Eksitensi sebuah Organisasi
akan lebih bertahan lama dari pada Eksistensi orang-orang yang berada dalam
keanggotaan Organisasi tersebut.
Ciri-ciri organisasi yang bagus menurut saya :
Organisasi itu haruslah yang :
1.
Tegas
2.
Memilki Tujuan
3.
Memiliki Peraturan yang di sepakati bersama
4.
Memiliki Koordinasi yang bagus.
5.
Menyenangkan.
Seperti Postingan saya sebelum nya Organisasi itu harus lah
menjadikan menyenangkan bagi orang-orang yang terdapat dalam orgnasiasi tersebut,
agar terciptanya Suasana yang bagus dan komunikasi yang baik dalam suatu
organisasi.
Struktur
Organisasi yang pernah saya ikuti…
No comments:
Post a Comment