Friday, October 31, 2014

Ciri–Ciri Organisasi ( Tugas II )

Tugas
Teori Organisasi Umum 1 #


Judul :

Ciri–Ciri Organisasi





Pengarang :

Rangga Malela
17113273
2KA35




Universitas Gunadarma
2014/2015










KATA PENGANTAR

            Segala puji bagi ALLAH S.W.T yang telah memberi Hidayah kepada umat Nya. Jika bukan karena Nya ( ALLAH S.W.T ), maka Tugas saya ini tidak akan pernah selesai, Saya mengerjakan Tugas  ini merupakan Tugas dari Dosen Teori Organisasi Umum 1# Universitas Gunadarma.
        Semoga Rahmat Nya senantiasa Tercurah kepada junjungan kita, Nabi Besar kita MUHAMMAD S.A.W, Kekasih Pilihan ALLAH S.W.T, Semoga Rahmat Nya selalu tercurah untuk Anak, Sahabat maupun Saudara kita nantinya.





Bekasi, 01 November  2014
Rangga Malela







BAB 1
PENDAHULUAN


B. Ruang Lingkup

Agar Pembahasan dalam Penulisan ini tidak terlalu luas maka, penulisan hanya mengambil masalah tentang Ciri-Ciri Organisasi saja, yang di sajikan secara singkat dengan Bahasa Saya Sendiri.

C. Tujuan Penulisan

Tujuan Dari Penulisan ini untuk memenuhi Tugas Teori Organisasi Umum 1 #. Dan Bertujuan agar para Khalayak yang setelah membaca Penulisan saya ini akan mengerti apa saja ciri-ciri dari Organisasi yang pernah saya bahas sebelumnya.


D. Manfaat Penulisan

Saya Berharap agar para Khalayak yang setelah membaca Penulisan Saya ini semua orang akan mengerti apa saja-kah Ciri-Ciri dari organisasi itu sendiri bagi yang membaca Penulisan saya ini. Dan yang lebih penting akan dapat mengamalkan ilmu yang di dapat dari berbagai Organisasi yang sudah dan akan di ikutin nantinya.
  



Ciri- Ciri Organisasi.

Setelah membahas apa itu organisasi di  Postingan saya sebelum nya,  sekarang saya akan membahas Apa saja Ciri-ciri Organisasi itu sendiri…
Nah sebelum saya membahas apa saja Ciri dari Organisasi itu sendiri, saya akan membahas lagi sedikit tentang apa itu organisasi…

Organisasi
Organisasi Merupakan Sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah, untuk mencapai tujuan suatu organisasi dibutuhkan suatu keselarasan dalam bekerja sama yang tergabung / saling berhubungan / berkaitan dalam organisasi tersebut dalam memanfaatkan Sumber Daya, sarana - prasana Sebaik-baiknya secara efisien dan Efektif.

Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
   1.    Hierarkhi
Ciri Hierarkhi merupakan Ciri dari Organisasi yang menuju kepada Pola Kekuasaan ataupun Wewenang yang menciri Bentuk Piramida. Yang artinya terdapat beberapa Orang yang memiliki Kekuasaan ataupun Wewenang yang Lebih Tinggi daripada Anggota Organisasi lain nya yang biasa-biasa saja.
Biasanya pada Bentuk Piramida, Yang Membentuk Segitiga Piramida paling ataslah yang ditandai dengan Orang-orang yang memiliki kekuasaan ataupun wewenang yang lebih tinggi, dan dalam tahap Piramida, semakin Kebawah Tahapan Piramida tersebut semakin rendah pula kekuasaan/ wewenang yang dimiliki pada tahapan tersebut, sampai pada yang paling bawah lah yaitulah Anggota-anggota organisasi biasa, yang tidak memiliki wewenang.




    2.    Besarnya dan Kompleks nya.
Pada hal ini pada umum nya Organisasi memiliki ke anggotaan yang tidak sedikit jumlahnya, sehingga hubungan social antar anggota yang tercipta secara tidak langsung atau ( Impersonal ), gejala ini biasanya di kenal dengan gejala (Birokrasi).
Pada tahapan ini akan saya bahas sedikit Apa itu Birokrasi dalam Organisasi, dan apa hubungan Cini ini dengan ciri (  Hierarkhi ) diatas tersebut.
Birokrasi  menurut max weber :

Weber juga menyatakan, birokrasi itu sistem kekuasaan, di mana pemimpin (superordinat) mempraktekkan kontrol atas bawahan (subordinat). Sistem birokrasi menekankan pada aspek “disiplin.” Sebab itu, Weber juga memasukkan birokrasi sebagai sistem legal-rasional. Legal oleh sebab tunduk pada aturan-aturan tertulis dan dapat disimak oleh siapa pun juga. Rasional artinya dapat dipahami, dipelajari, dan jelas penjelasan sebab-akibatnya.

Hubungan antara  Hierarkhi dengan Birokrasi :
Karena Terdapat nya HIERARKHI  maka akan terciptanya BIROKRASI, yang berarti karena terdapat HIERARKHI lalu terciptanya Tekanan bahwa penting adanya Perarturan yaitu Peratura-peraturan tertulis yang haruslah Di Patuhi dan adanya Sistem Wewenang  di dalam organisasi ini, maka apa yang di anggap bahwa adanya ini di anggap formal akan tetapi akan cenderung kaku, maka akan terciptalah gejala BIROKRASI,  dimana hubungan social antar anggota / hubungan social antar anggota dengan atasan / atasan dengan bawahan akan terjadi secara impersonal karena merasa canggung  / segan menyapa apabila tidak benar-benar di perlukan, maka dengan tujuan inign menciptakan suasana yang formal malah akan tercipta lah suasana yang kaku dalam organisasi ini.

   3.    Lamanya ( Duration ).
Dalam Hal ini menunjukan bahwa Eksitensi sebuah Organisasi akan lebih bertahan lama dari pada Eksistensi orang-orang yang berada dalam keanggotaan Organisasi tersebut.


Ciri-ciri organisasi yang bagus menurut saya :

Organisasi itu haruslah yang :
   1.       Tegas
   2.       Memilki Tujuan
   3.       Memiliki Peraturan yang di sepakati bersama
   4.       Memiliki Koordinasi yang bagus.
   5.       Menyenangkan.
Seperti Postingan saya sebelum nya Organisasi itu harus lah menjadikan menyenangkan bagi orang-orang yang terdapat dalam orgnasiasi tersebut, agar terciptanya Suasana yang bagus dan komunikasi yang baik dalam suatu organisasi.







Struktur Organisasi yang pernah saya ikuti…


No comments:

Post a Comment